Jitu Beriklan Di Facebook

Friday, March 6, 2015

8 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Arpeggio

Assalamualaikum.
Arpeggio merupakan salah satu teknik atau bentuk permainan gitar yang banyak disukai para gitarist.
Sebut saja Yngwie Malmsteen. Arpeggio memberikan kesan keren dan rumit pada permainan gitar. Setuju?...
Ini 8 hal yang perlu kalian ketahui tentang arpeggio.

01. Apa itu sebenarnya arpeggio? . Kata arpeggio berasala dari bahasa Itali :"arpeggiare" yang berarti "memainkan harpa". Bayankan pemain harpa itu selalu memetik senarnya satu-satu bergantian. Seperti halnya arpeggio yang sering di istilahkan "broken chord" yaitu memainkan nada-nada dalam sebuah chord satu persatu.
02. Apa yang arpeggio bisa lakukan untuk kamu?. Arpeggio memberikan kesan suara yang cepat dan bersambung. Disamping memberikan speed,arpegio juga memberikan kesanhebat pada kemampuan improvisasi. Karena arpeggio berisi nada-nada dalam chord,kamu bisa menggunakannya dalam solo dan menghubungkannya dengan struktur chord untuk menghasilkan lick-lick yang keren. Arpeggio selalu terdengar bagus dalam progresi chord yang sesuai dan pada umumnya berisi basic note dan nada-nada yang aman untuk improve.
03. Scale vs arpeggio. Mari kita perjelas kebingungan kita antara scale dan arpeggio. Scale adalah urutan dari nada yang dimainkan satu-satu yang secara sound sesuai dengan kunci nada tertentu. (contoh : G major scale adalah G , A, B, C, D, E, F#). Pda sisi lain,arpegio adalah urutan nada dalam chord,yang mana chord itu sendiri termasik dalam scale tertentu. (contoh : G mayor arpeggio seperti G,B,D). Seperti scale,arpegie itu linier. Terdiri dari nada-nada yang kamu mainkan satu-satu. Berbeda dengan scale yang terdiri dari beberapa nada tambahan yang gak selalu dimainkan dalam chord,arpeggio hanya memainkan nada-nada dalam chord itu. Keduanya bisa dimainka secara ascending,descending atau acak.

04. Bentuk arpeggio. Seperti scale,ada banyak variasi bentuk yang harus dipelajari dalam arpeggio. Pada umumnya ada 5 CAGED bentuk untuk setiap arpeggio,kecuali diminished 7th yang hanya ada 1 bentuk. Pelajari arpeggio dalam posisi yang berbeda pada neck gitar agar terbiasa dengan bentuk arpegio daripada konsentresi pada fret mana harus menempatkan jari dalam arpegio. Pelajari bentuknya satu persatu. Lebih baik sempurna dalam satu bentuk dari pada bisa semua bentuk tapi gak sempurna. Kemudian latih untuk pindah dari satu bentuk arpegio ke bentuk lain. Bolak-balik.

05. Arpeggio mana yang dipelajari pertama kali?. Sebaiknya pelajari arpeggio major triad dulu (1, 3, 5) dan minor triad (1, b3, 5). Major dan minor paling banyak dipakai dalam chord-chord music. Kemudian ditmbahkan  major 7th, 9th, 11th, 13th, dan sebagainya sampai banyak kemunkinan yang bisa ditambahkan.

06. Gaya picking yang berbeda. Ada beberapa cara untuk memainkan arpeggio pada gitar. alternate picking, legato, hammer-on dan pull-offs, sweep picking dan tapping juga termasuk. Untuk gitarist yang sudaj berpengalaman,ada teknik-teknik lain juga untuk menambah speed seperti string skipping dan finger rolling. Latihlah setiap teknik dengan arpeggio untuk mengetahui teknik mana yang sesuai dan cocok untuk style permainan kamu sendiri.

07. Mulai arpeggio dari "root". Saat pertamakali memainkan arpeggio,kalian selalu ingin memulai dan mengakhirinya daro root note. Ini akan melatih pendengaran kalian pada suara scale. Mulai dari nada paling rendah mainkan sampai sejauh yang kalian bisa kemudian kambali lagi ke nada yang paling bawah kemudian kembali ke root note.


08. Speed dan formasi. Untuk memainkan arpeggio,kalian harus segera mematikan suara/mute nada yang baru saja dimainkan dengan mengangkat jari yang menekan senar. Ini akan mencegah senar terus berbunyi hingga menyebabkan arpeggiomu terdengar seperti strumming. Setiap nada harus berbunyi sendiri. Mulai dengan tempo lambat dan sempurnakan formasi-nya kemudian baru tambah speed-nya. 


Sekian tentang arpeggio. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.






5 comments:

  1. Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar secara lengkap silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar secara lengkap silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    Terimakasih

    ReplyDelete