Jitu Beriklan Di Facebook

Wednesday, March 18, 2015

REVIEW : Charvel DS-2 ST

Assalamualaikum,,
Halo para pembaca. Kali ini saya akan me-review Charvel Desolation DS-2 series.

Charvel Review
Charvel desolation DS-2
Charvel Desolation DS-2.
Gitar ini dibuat di China. Terlihat dari tulisan di belakan headstock "made in China". Apa buatan china selalu buruk?. Mmmm...tunggu dulu... Oke,Charvel ini memiliki jumlah fret sebanyak 24 frets berukuran jumbo. Menggunakan kombinasi pick-up 2 buah humbucker active pada neck dan bridge. Dengan pick-up bawaan Charvel Desolation active pick-up yang bekerja dengan sebuah baterai 9 volt. Dengan 4 buah knob pengaturan masing-masing pick-up volume dan tone. Jadi masing-masing memiliki knob volume dan tone sendiri-endiri. Pemilihan pick-up di atur dengan switch 3 way. Pada bagian bridge,dipasangkan bridge Charvel-Jackson compound radius compensated bridge. Dryernya menggunakan lock pada bagian belakannya. Cukup diputar untuk mengunci senar. Body dan neck dibuat menggunakan kayu mahogani,dengan konstruksi set in neck. Pada bagian muka body dilapisi kayu flamed maple. Dengan finishing glossy/oily,alias mengkilat. Dengan skala neck 25.5".
Charvel Riview
Chrvel Pick-up

Sound.
Untuk mengetes gitar ini saya menggunakan Marshall MG15cfx dan kabel Samson. Saya mulai dari clean sound. Saat pertama bebunyi sudah terasa kalau soundnya tebal. Layaknya sound rock. Jadi clean sound gitar ini cukup tebal dan jernih dengan sustain yang bagus. Beralih ke crunch. Memang soundnya jadi tidak terlalu renyah karna sound yang tebal. Tapi untuk memainkan meladi-melodi blues,soundnya cukup bluessy sekali dan enak. Meskipun pada channel crunch tetp bisa memainkan lick-lick dengannyaman karna sustain yang bagus dari gitar ini. Pada channel distorsi,sound gitar ini bisa dibilang sangar alias nge-rock banget. Soundnya tebal dan gahar. Tapi tetep jelas artikulasi nada dan senarnya. Clarity yang bagus. Menghasilkan sound palm mute yang tebal tapi bisa memberikan sound yang jernih dan sustain yang bagus saat memainkan melodi. Empuk sekali dan bulet. Pada pick-up neck suaranya menjadi smooth. Good job.

Playability.
Dengan neck scale 25.5" menjadikan senarnya empuk dan ringan untuk di bending. Neck-nya terasa kecil,tapi cocok untuk tangan asia. Action senarnya pun lumayan ceper tapi tetap tidak menimbulkan fret buzz. Boleh dibilang ukuran gitar ini cocok untuk ukuran tangan asia yang rata-rata kecil. Menjadikan jangkauan jari lebih jauh sehingga memudahkan memainkan teknik-teknik yang sulit dan cepat. Sayangnya untuk menjangkau fret atas 21-24 tangan mentok di coakan body. Alias cutaway yang kurang kedalam. Saat di tuning,dryernya diputar dengan mulus dan gak ada longgarnya. Dengan lock yang cukup memutar pada bagian belakang dryer menjadikan tunning gitar ini stabil walaupun meminkan bending yang extreme. Pabriknya menyetting gitar ini dengan bagus. Enaak.
Charvel Review
Locking Dryer Charvel

Charvel Review
Action

Finishing.
Seri ini disediakan 2 pilihan finishing doff dan glossy. Doff dengan warna black dan glossy ada red dan blue. Tapi saya lebih tertarik gengan yang glossy. Karena flamed maple top-nya terlihat sangat keren dan artistik. Mengesankan kalau gitar ini gitar yang berkelas. Sedangkan yang doff terlihat begitu biasa sekali. Dipadu dengan hardware warna cosmo black menjadikan gitar ini lebih keren dan serasi perpaduan warnanya. Inlay yang berbentuk trapezodial juga terlihat tidak biasa seperti pada gitar umumnya. Secara design,keseluruhannya menganut design Les Paul,top body berbentuk cembung. Ditambah binding motif kerang mengelilingi lekukan bodi menambah elegan. Good guitar.


Kesan.
Well, dengan design les paul dan keseluruhan finishing gitar ini keren. Terutama yang warna transparent bukan doff. Ukurannya saya bilang lebih kecil tapi nyaman saat dimainkan dan justru mempermudah memainkannya. Kualitas sound yang bagus dan gahar dipadu dengan sustain yang bagus pula. Rasanya gitar ini pantas kalau mahal. Tapi dengan harga masih kepala 3jt-an,gitar ini pantas dibeli. Best Value saya bilang. Good.

Sekiam review dari saya. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.

Harga dan spesifikasi bisa dilihat disini.

No comments:

Post a Comment