Jitu Beriklan Di Facebook

Saturday, August 1, 2015

Cara Memilih Pickup Gitar

    Assalamualaikum pembaca yang budiman,

     Kali ini admin akan sedikit mambahas tentang pick-up gitar electrik. Bagi yang belum tau apa itu  pickup gitar berikut saya jelaskan apa itu arti pickup gitar.

    Secara bahasa arti dari pickup adalah mengambil. Tapi secara fungsi pickup gitar adalah alat untuk merubah gerak mekanik dari senar gitar/bass menjadi signal electrik. Kurang lebih seperti itu.
   Nah,pada sebuah gitar / bass pickup terletak berada di antara bridge dan pangkal neck. Isi dari pickup itu adalah magnet permanen dan kumparan coil. Dalam perkembangannya,pickup telah menjadi bermacam - macam jenis dan bentuk. Tapi secara garis besar pickup terbagi menjadi 2 jenis,yaitu pickup single dan double atau sering disebut humbucker.  

1 . Pickup Single.

Single Pickup .
 sumber Google

     Pickup jenis ini berbentuk memanjang dengan pole magnet di tengahnya. Seperti namanya,pickup ini hanya terdiri 1 rangkaian magnet dan kumparan coil. Pickup single cenderung menghasilkan sound yang ringan / tipis , renyah , smooth dan clean yang jernih serta artikulasi nada yang jelas. Itu merupakan kelebihan dari pickup single jika dimainkan pada genre music tertentu seperti pop , blues , country dll. Karena pada genre musik itu lebih cocok menggunakan sound yang smooth dan tidak tebal. Clean yang lebih jernih menjadi alasan  para gitaris menggunakan pickup ini dalam memainkan part clean. Kekurangan dari pickup ini adalah cenderung menimbulkan suara 'hum' besar. Hum adalah suara mendengung saat gitar dihubungkan dengan amplifier. Dan 'hum' ini akan lebih besar saat menggunakan effect distorsi. Pickup single sering dipakai pada gitar jenis stratocaster dan telecaster. Dan sering digabungkan dengan pickup humbucker untuk diposisikan pada middle dan atau neck.

2.   Pickup humbucker.
Humbucker Pickup
sumber google

     Pickup jenis ini lebih berbentuk kotak dan terlihat seperti 2 buah pickup single yang digabungkan menjadi satu. Tapi secara konstruksi memang demikian,yaitu menggabungkan 2 pickup single. Jadi terdiri dari 2 magnet dan satu kumparan coil. Karakter dari pickup ini adalah soung yang tebal, kental dan power yang besar. Kelebihan dari pickup hubucker dari pada pickup single adalah dia menghilangkan noise atau 'hum' yang biasa didapat pada single pickup. Pickup ini lebih cocok untuk music yang membutuhkan sound yang tebal atau distorsi yang kental. Para gitaris shredder lebih menyukai pickup ini karena soung tebal yang dihasilkannya.

3.  Pickup Aktif / Pasif.
Active Pickup
sumber Google.

    Baik single maupun humbucker ada yang berjenis aktif maupun pasif. Pasif berarti tidak memerlukan aliran listrik untuk bekerja. Sedangkan pickup aktif dia memerlukan aliran listrik untuk mengaktifkannya. Biasanya menggunakan aliran listrik sebesar 9 volt atau dengan baterei kotak. Kelebihan pickup aktif dibanding pasif adalah pickup aktif menghasilkan signal yang stabil , output yang lebih besar dan menghilangkan noise yang mengganggu. Jadi noise / hum bisa dihilangkan dengan pickup ini,artinya pickup ini lebih bersih soundnya. Hanya saja karakternya tidak se-natural pickup pasif. Musik modern biasanya lebih cocok menggunakan pickup aktif. 

4. Brand / Merk
    Beberapa merk pickup yang recomended dipasaran saat ini dan mudah didapat seperti :
    - Seymour Duncan ,
    - DiMarzio
    - EMG
    - Fender
    - Lace Sensor
    - Bartolini (bass)
    - dll , masih banyak merk berkualitas dan handmade yang ada,namun merk - merk di atas yang masih mudah didapat dan banyak beredar di Indonesia. 
    Itulah garis besar pickup gitar yang ada saat ini. Dari penjelasan singkat di atas semoga bisa membatu para pembaca dalam menentukan pilihan gitar seperti apa yang cocok. 
Kritik .saran dan tambahan mengenai artikel ini dipersilahkan.

Salam gitar,

Wassalaamualaikum.

No comments:

Post a Comment