Jitu Beriklan Di Facebook

Friday, March 6, 2015

REVIEW : Fernandes Monterey X

Assalamualaikum,
Hai apa kabar?

Disini saya akan me-review Fernandes Monterey X. Gitar ini bisa dibilang gitar murah dari Fernandes. Harga kisaran 3jt itu termasuk yang murah dalam jajaran produk Fernandes. Ya begitulah kenyataannya. Fernandes merupakan merk yang cukup terkenal di luar sono. Tapi di Indonesia masih banyak yang belum mengenal gitar merk ini. jadi simak review-nya.

Serba Oke
Fernandes Monerey X BLK


Fernandes Monterey X. Gitar ini menerapkan design Les Paul. Walaupun body-nya flat,tidak ada permukaan yang cembung pada bodynya. Beratnya cukup ringan. Menggunakan materian Alder pada body-nya,maple pada neck dan rosewood pada fretboard. Pada fretboard ditanamkan 22 fret ukuran jumbo. dengan skala neck 24 3/4". Dipersenjatai dengan 2 buah humbucker hi out-put pick-up bawaan Fernandes sendiri. 1 buah pick-up selector 3 way dan 3 buah knob, 2 volume dan 1 tone. Masing-masing pick-up diberi satu buah control volume. Pada bridge dipasang tune-o matic dengan stopbar tailpiece. Dryer menggunakan Die-cast tunning gear. 

SerbaOke
Die Cast tunner machine

Serba Oke
Bolt On


Sound. Saya mencoba gitar ini menggunakan ampli Marshall MG15cfx. Saya mulai dari clean sound. Sound clean gitar ini cukup jernih terutama pada posisi switch tengah. Tapi bagi saya masih kurang jernih,mungkin karena hi-output humbuckernya dan tidak ada switch untuk memilh single coil,jadi terasa tebal. Beralih ke crunch. Saat dimainkan dengan overdrive bisa didapat sound cukup renyah dan enak di telinga. Untuk memainkan lagu rock 'n roll sangat cocok sekali. Sustain-nya juga bagus. Untuk memainkan lick-lick blues dengan posisi neck pick-up gitar ini bagus. Selanjutnya saya coba distorsi. Sound gitar ini menurut saya sangat warm dan tidak terlalu tebal. Untuk memainkan palm mute teknik,maka akan terdengar sound classic rock. Menurt saya karakter pick-up ini mirip dengan INF pada Ibanez. Sound-nya warm dan bright,tapi masih terasa bass-nya. Tone-nya juga sangat jelas sampai suara picking terdengar. Ya,lebih ke middle sound-nya. Untuk music rock,classic rock,rock 'n roll gitar ini cocok. Saya pribadi suka dengan pick-up bawaan Fernandes ini. Good sound.

Serba Oke
Pick-up dan Tune-O matic bridge


Playability.Settingan dari pabrik-nya biasa saja,alias standar. Tidak ada yang istimewa. Malahan,action senarnya sekitar 3-4mm pada fret 12. Sedang-sedang saja sih,gak ceper tapi juga gak terlalu tinggi. Fret-fret-nya rapi dan tidak mengalami kendala saat kita menggenggam dan menggeser-geser tangan kita untuk pindah fret. Pada body-nya dibuat countour landai di bagian atas brisge danbelangnya. Jadi terasa nyaman di pergelangan tangan kanan. 

Finishing. Design-nya dengan bentuk Les Paul menurt saya tidak terlalu Les Paul. Memang potongannya Les Paul,tapi lengkungan body kanan terlalu besar tidak persis Les Paul. Dan pada body depan pun tidak ada cembung-nya alias flat. Headstock sedikit terlalu lebar menurut saya,dengan coakan pada salah satu sudutnya,memberikan ciri khas sendiri. Dengan finishing glossy,dan hardware black cosmo terlihat serasi. 

Kesimpulan. Dari design-nya terlihat sedikit tidak proporsional untuk jenis Les Paul. Tapi munkin itu ciri tersendiri dari Fernandes. Dan terkesan unik. Ditambah sound yang overall bagus,dan saya sendiri suka sound pick-up bawaan-nya,saya rasa gitar ini pantas di harga 3jt-an.

Sekian review Fernandes Monterey X dari saya. Semoga bermanfaat. 
Wassalamualaikum.

Untuk harga dan spek bisa dilihat disini

No comments:

Post a Comment