Jitu Beriklan Di Facebook

Thursday, February 26, 2015

Tips Memilih Gitar Elecktric Untuk Pemula bag.1

Assalamualaikum.. Hallo,,,
Apakah anda sedang bingung mencari gitar yang seperti apa yang cocok atau bagus?. Munkin tulisan saya kali ini cocok untuk anda. Simak ya... Seringkali saya mendapati pertanyaan "gitar untuk pemula yang mana mas?". Well,saya sebenarnya bingung mau jawab gimana pertanyaan tersebut. Tapi itu merupakan pertanyaan yang wajar diajukan oleh orang yang awam tentang gitar. Dan tentu saja saya jawab apa adanya. Sebelumnya saya memberikan tips-tips memilih gitar electrik untuk pemula saya ingin memberikan sedikit gambaran dulu tentang produk gitar. Produsen gitar be-rmerk tidak pernah meluncurkan produk yang dilabel untuk pemula. Yang ada hanyalah gitar murah dan mahal. Tentu saja itu berkaitan dengan kualitas gitar itu sendiri. Dari gambaran di atas,maka bisa saya berikan tips - tips memilih gitar untuk pemula.
 1. Untuk yang benar-benar awam tentang gitar,saya akan menyarankan untuk melihat budget. Lihat budget anda dan tentukan gitar seharga berapa yang anda munkin anda beli tanpa memaksakan budget anda. Yang perlu diingat adalah harga gitar berkaitan dengan kualitasnya. Walaupun pendapat tadi tidak sepenuhnya benar,tapi bisa menjadi dasr memilih juga.
 2. Kalo anda sudah menentukan budget maka yang berikutnya anda tinggal memulih model. Kalo yang satu ini masalah selera aja sob. Munkin bisa search macam-macam model gitar dan pilih yang sesuai selera.
 3. Saat memilih usahakan untuk mencobanya sebisanya. Point yang perlu anda perhatikan pada gitar pilihan anda adalah :
    a. Body, ada cacat body atau tidak. Bisanya kalo beli di toko musik jarang sekali ditemukan gitar cacat/lecet karena sebelum mereka display,pasti dicheck dulu.
    b. Suara, pastikan gitar yang anda pilih itu bersuara normal. Dalam artian tidak ada suara yang "kresek-kresek" atau putus-putus. Bisa juga dengan menggeser switch/saklar dan knob yang ada pada gitar dan pastikan tidak ada gangguan suara.
    c. Neck gitar, Pastikan neck gitar yang anda pilih tidak bengkok/melengkung. Caranya : Lihatlah kelurusan neck dari ujung dengan mata didekatkan ke ujung neck,dari situ lihatlah sampe pangkal neck. Atau dengan cara menekan senar paling pinggir pada fret di kedua ujung neck. Dan lihatlah pada bagian tengah senar yang anda tekan tadi apakah terdapat jarak yang terlalu lebar antara senar dengan fret atau tidak. Kalao ternyata terdapat jarak yang cukup longgar berarti neck terlalu melengkung. Maka mintalah untuk meluruskan atau ganti gitar yang lain.
 4. Kalau semuanya sudah oke,,well tinggal bayar ke kasir. He..he..he.. Yup,cuma itu tips untuk memilih gitar untuk pemula. Sebenarnya masih banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih gitar elcktric maupun accostic ataupun classic. Tapi untuk yang masih awam cukup tips-tips di atas bisa membantu untuk memilih gitar yang sesuai.
 Akan saya lanjutkan di tips-tips memilih gitar electric untuk pemula bag 2. Untuk yang sudah rada ngerti gitar. Wassalaam... Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment